ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERMINTAAN CABAI MERAH DI PASAR BUNGUR KABUPATEN BUNGO

  • Hengki Firnando, Evo Afrianto dan Pitriani
Keywords: Permintaan Cabai, Pasar Bungur

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat permintaan cabai merah di Pasar Bungur di Kabupaten Bungo serta menganalisa faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan cabai merah di Pasar Bungur Kabupaten Bungo.
Penelitian ini direncanakan dilaksanakan dari tanggal 1 September 2019 sampai dengan 9 September 2019, Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif, Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat yang berbelanja di Pasar Bungur Muara Bungo yang ada di Kecamatan Pasar Muara Bungo. Teknik pengambilan sampel menggunakan Accidental Sampling. Dalam penelitian ini jumlah yang ditentukan sebanyak 100 orang. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi liner berganda, serta pengujian hipotesis dengan uji F dan uji t.
Hasil penelitian menunjukan rata-rata tingkat permintaan cabai merah di Pasar Bungur Kabupaten Bungo sebesar 4 kg per bulan dengan rata-rata 1 kg per Minggu. faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan cabai merah di Pasar Bungur Kabupaten Bungo secara bersama dipengaruhi oleh harga barang lain, harga itu sendiri, pendapatan, jumlah anggota keluarga, selera. Sedangkan secara parsial faktor yang mempengaruhi tingkat permintaan cabai merah di Pasar Bungur yaitu Harga Itu Sendiri dan Jumlah Anggota Keluarga. Hasil uji Koefisien Determinasi Ganda (R2) menunjukan proporsi pengaruh yang dapat dijelaskan oleh variabel bebas secara bersama-sama terhadap besarnya variasi (naik turun) variabel terikat sebesar 54,9%, sedangkan sisanya sebesar 45,1% dipengaruhi oleh dimensi lain diluar penelitian

Published
2020-05-03