ANALISIS NILAI TAMBAH DAN SALURAN PEMASARAN PADA AGROINDUSTRI KERIPIK PISANG DI DUSUN PURWOBAKTI KECAMATAN BATHIN III KABUPATEN BUNGO (Study Kasus Agroindustri Keripik Pisang Sumber Rezeki)

  • Fikriman Zia Ulfa Widuri Susilawati
Keywords: Analisis Nilai Tambah, Saluran Pemasaran, Sumber Rezeki.

Abstract

usaha industri pembuatan keripik pisang skala rumah tangga Ibu Rumah Tangga Sumber Rezeki di Dusun Purwobakti Kecamatan Bathin III Kabupaten Bungo dan untuk menganalisis pola saluran pemasaran dari industri keripik pisang skala rumah tangga di Ibu Rumah Tangga Sumber Rezeki di Dusun Purwobakti Kecamatan Bathin III Kabupaten Bungo.Tempat penelitian ini adalah tempat usaha keripik pisang Ibu Rumah Tangga Sumber Rezeki di Dusun Purwobakti Kecamatan Bathin III Kabupaten Bungo. Dalam penelitian ini metode penentuan sampel adalah dengan metode studi kasus (Case Study) dimana penelitian ini dipusatkan pada obyek tertentu dan kesimpulan diambil hanya berlaku pada objek yang diteliti. Data yang dikumpulkan dilapangan ditabulasikan dalam kelompok-kelompok variabel penelitian kemudian dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kuatitatif untuk menjawab rumusan masalah mengenai agroindustri keripik pisang Sumber Rezeki. Hasil penelitian menunjukkan bahwa besar nilai tambah bruto pada usaha keripik pisang Sumber Rezeki di Dusun Purwobakti Kecamatan Bathin III Kabupaten Bungo Provinsi Jambi adalah sebesar Rp. 16.310.000. Besar nilai tambah netto pada usaha keripik pisang Sumber Rezeki di Dusun Purwobakti Kecamatan Bathin III Kabupaten Bungo Provinsi Jambi adalah sebesar Rp. 15.953.741. Besar nilai tambah per bahan baku pada usaha keripik pisang Sumber Rezeki di Dusun Purwobakti Kecamatan Bathin III Kabupaten Bungo Provinsi Jambi adalah sebesar Rp. 32.620 dan pola saluran pemasaran yang terjadi adalah dua saluran pemasaran saluran pemasaran antara lain Saluran tingkat nol : produsenkonsumen dan saluran setingkat : Produsen Pengecer konsumen.

Published
2020-05-03