ANALISIS PEMASARAN BAHAN OLAHAN KARET RAKYAT (BOKAR) DI DESA JAKE KECAMATAN KUANTAN TENGAH KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

  • Alfira Alfira
Keywords: Bokar; Pemasaran; Margin; Efisiensi; dan Farmer’s Share

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Desa Jake Kecamatan Kuantan Tengah Kabupaten Kuantan Singingi dengan tujuan menganalisis fungsi pemasaran, peranan lembaga pemasaran dan menganalisis biaya pemasaran, keuntungan pemasaran, margin pemasaran, efisiensi pemasaran dan farmer share. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode survey untuk mengumpulkan data primer dan sekunder. Penentuan sampel dilakukan secara purposive sampling sebanyak 30 petani, dan sampel lembaga pemasaran menggunakan metode snowball sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua saluran pemasaran bokar di Desa Jake. Harga rata-rata pada saluran I yaitu Rp.7.401/Kg, sedangkan harga rata-rata pada saluran II yaitu Rp.7.327/Kg. Biaya pemasaran pedagang pengumpul pada saluran I yaitu Rp.1.192/Minggu sedangkan biaya pemasaran pedagang pengumpul pada saluran II, yaitu Rp.989,54/Minggu, dan biaya pemasaran pedagang besar pada saluran II, yaitu Rp.1.607,46/Minggu. Keuntungan pemasaran pedagang pengumpul saluranI sebesar adalah Rp.407/Minggu sedangkan keuntungan pemasaran pedagang pengumpul saluran II sebesar Rp.383,80/Minggu dan keuntungan pemasaran Pedagang Besar saluran II sebesar Rp.132,54/Minggu. Total marjin Pemasaran pada saluran I adalah Rp.1.599/Kg dengan efesiensi pemasaran 21,73% dan farmer’s share sebesar 73,75%. Sedangkan total marjin pemasaran pada saluran II adalah Rp.3.113/Kg dengan efisiensi 32,60% dan farmer’s share sebesar 62,45%.

Published
2020-05-03